Gak terasa dah 3 hari di New York. tepatnya di kota Riverhead.
ini adalah kali kedua aku berada di negeri "pak le Sam". Kunjungan pertama lalu ke sebuah kota di North Carolina (kira-kira 1 jam penerbangan dari bandara JFK).
Seperti yang udah-udah kali ini tujuan juga sama. Ngecek masin yang akan dikirim ke Indonesia sekaligus dapet training kecil-kecilan :)
Salah satu nikmat menjadi seorang service engineer adalah adanya kesempatan untuk berkunjung ke berbagai kota di belahan dunia lain secara gratis (dibayar malah :D). Dan disini kita bisa belajar banyak bagaimana si bule itu bekerja dan apa yang membuat mesin produksi buatan mereka bisa mendunia termasuk salah satunya di negeri indonesia.
Di sini aku bisa bertemu sama the owner of the company, namanya kenneth Herzog hmm.. orangnya sudah agak tua dengan umur sekitar 55 tahun. dia merupakan generasi kedua. bapaknya dulu membangun perusahaan ini pada tahun 1941 dan masih tetap exist sampai sekarang. bahkan saat ini salah seorang anaknya yang berumur 24 tahun sudah mulai ikutan nimbrung. ya.. somebody should continue the bussines...
si owner walaupun sudah tua namun masih tetap energik. suaranya masih lantang dan dengan lugas menerangkan segala hal tentang mesin buatnnya. orangnyapun sangat ramah.
di pagi hari anaknya yang antar jemput aku dari hotel ke kantor, sedangkan si Bapak yang mengantarku setiap pulang. Luar biasa, seorang president direktur, CEO sebuah perusahaan kelas dunia mau repot-repot nganter seorang service engineer!
orangyapun cukup gesit. dalam suatu perjalanan, secara sengaja aku bilang kalo aku lupa membawa travel charger sehingga aku gak bisa menggunakan laptop aku disini.
dengan sigap.. dia langsung banting stir dan berputar arah menuju sebuah pusat elektronik dan dia sendiri yang sibuk nanya dan cari-cari barang yang dicari walaupun akhirnya tetap gak ketemu he..he..
But that's not the point; spontanitas, semangat, kehangatan dan rasa peduli yang cukup tinggi itu yang membuat akau berkesan. dikali lain dia juga pernah mengajakku berkeliling menunjukkan beberapa tempat yang cukup dekat dari hotel yang bisa aku kunjungi sewaktu-waktu dengan cukup berjalan kaki kalau aku mersa bosan di kamar hotel...
(tau aja dia kalo aku gak punya duit banyak he..he..)
Aku jadi teringat dengan sebuah presentasi dari "expert village" di youtube mengenai bagaimana customer service harus dijalankan agar bussines bisa tetap bersaing dan memilki nilai jual tinggi sebagaimana mungkin yang dijalankan si Bapak ini.
mereka menggunakan 3 Jurus yang dinamakan "ABC" :
ATTITUDE
Ini merupakan syarat awal bagaimana seorang professional harus bersikap. Penguasaan Ilmu dan teknologi yang tinggi namun tidak dibarengi dengan perilaku yang santun, maka siap-siap saja jika kemudian karir yang dibangun bisa hancur kedalam jurang kegagalan.
Bussines Knowledge
Pengusaan mengenai bidang yang digeluti tentu akan sangat membantu meghasilkan suatu produk yang berkualitas dan ujung-ujungkan akan mendatangkan profit yang didamkan-idamkan. berapa banyak perusahaan yang membuat handphone, namun siapa saat ini yang gak kenal sama sebuah produk besutan steve Jobs dari apple berlabel 'iphone" bahkan perusahaan besar sekelas Nokia dan Blackberry bisa frustasi dan kalang kabut ngadepin gesitnya produk keluaran apple ini.
Customer oriented
Kedua hal diatas tidak akan cukup tanpa adanya rasa peduli kepada pelanggan. masih ingat bagaimana Toyota Amerika menarik jutaan mobil yang sudah diproduksi dan dijual di Amerika lantaran ada sedkit masalah pada sistem pengereman. memang belum ada kejadian kecelakaan fatal akibat kesalahan ini. namun kepedulian Toyota kepada keselamatan pengendara patut diacungi jempol. dan liat hasilnya, tetap saja yang namanya Toyota Avanza laris manis bak kacang goreng tanpa terpengaruh isu yang ada di Amerika sono.
Aku sendiri gak tau apakah memiliki ke 3 hal diatas sebagai seorang service engineer profesional. hanya orang lain yang bisa menilai....
Sampai Suatu ketika dalam suatu perjalanan pulang si Bapak ngomong gini sama aku :
'Someday if you want to stay in US, you can work with Us'..
wah boleh juga tuh..!!!
Jumat, April 16, 2010
Langganan:
Posting Komentar (Atom)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar